d'BC Network

Senin, 19 Oktober 2009

BELAJAR DARI ALAM


BELAJAR MENCINTAI LINGKUNGAN



Global warming atau pemanasan global sedang menjadi sorotan penting saat ini. Dampak yang sangat mengerikan akan bumi ini selalu terbayang di mata saya. Maka sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang untuk turut serta memelihara bumi tempat kita berpijak agar tetap lestari. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sebagai generasi dimasa mendatang harus kita didik untuk mencintai dan memelihara alam dan lingkungan sejak dini.

Sejak anak kami (Kirana) berusia 3 bulan, saya dan suami sering mengajaknya bermain ke alam bebas, tujuannya agar Kirana mengenal dan mencintai lingkungannya yang alami. Seperti kata pepatah ‘Tak kenal maka tak sayang,’ saya berharap akan tumbuh kesadaran untuk mencintai dan menjaga alam dalam diri Kirana. Karena terbiasa bermain di alam, di usianya yang kini menginjak 13 bulan Kirana sudah bisa mengucapkan kata bunga, pohon, burung, kupu-kupu walaupun belum jelas pengucapannya. Kirana terlihat sangat senang bila kami ajak bermain ke alam bebas. Dia juga sangat senang kalau saya ajak menyirami tanaman di depan rumah, kalau sudah begitu mulailah dia bermain tanah dan air sampai bajunya basah dan kotor.


Selain diperkenalkan dengan alam, kami juga mengajarkan Kirana untuk mencintai kebersihan. Tentu mengajarkannya bukan dengan kata-kata perintah (mengingat usianya yang masih balita) tapi dengan cara memberi contoh langsung. Karena Kirana masih kecil maka kamipun memberi contoh mulai dari hal-hal yang kecil saja. Kalau melihat kami sedang bersih-bersih rumah, dia pasti langsung ikut-ikutan meniru kami dan beraksi dengan sapu mungilnya. Kami juga mencontohkan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kami berharap jika sudah besar Kirana menjadi anak yang peduli dan mencintai lingkungannya serta sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar